Rhida hanafie's Blog

ketulusan adalah kesempurnaan..

JENIS-JENIS IKATAN KATA SINTAKSIS PADA RANGKAIAN KATA 14 Februari 2010

Filed under: 1 — rhidahanafie @ 5:02 am

Didalam rangkaian kata terdapat tiga jenis ikatan kata dasar, yakni согласование (penyusuaian), управление (pengendalian) dan примыкание (penggabungan).
Согласование (penyesuaian)
Согласование (penyesuaian) adalah jenis ikatan yang mana dalam bentuk terikat yakni kata sifat atau kata lainnya yang disesuaikan dengan kata benda yang mana merupakan kata bebas ketika keduanya disandingkan bersama. Pada ikatan sintaksis penyesuaian menyatakan akhiran yaitu бессмертный подвиг, бессмертная идея, бессмертное дело. Bentuk kata benda berjenis kelamin maskulin, bilangan tunggal dan berkasus nominatif juga menimbulkan bentuk pada kata sifat yang terikat, hal ini dikarenakan kata mengalami penyesuaian pada jenis kelamin, bilangan dan kasus.
Perubahan bentuk pada kata bebas mempengaruhi bentuk kata terikat, contohnya: бессмертного подвига, бессмертному подвигу, бессмертным подвигом dan lain-lain. Penyesuaian rangkaian kata dalam bilangan jamak hanya terjadi pada bilangan dan kasus, ini dikarenakan jenis kelamin kata netral, contohnya: бессмертные подвиги, бессмертные идеи, бессмертные дела. Sehingga pada kata sifat bilangan jamak hanya memiliki satu bentuk untuk 3 jenis kelamin. Jika kata terikat terbentuk dari kata sifat, maka selalu disesuaikan dengan kata bebas. Demikian pula apabila berikatan dengan jenis kata lainnya, seperti:
• Kata ganti: мой друг, каждая встреча.
• Kata bilangan: один дом, первый вопрось.
• Partisipal: играющий ребёнок, построенная школа.
Penyesuaian dasar dapat membentuk rangkaian kata dan dinamai kata benda seperti: город Харков, токарь Климов, мальчик-подросток. Pada rangkaian kata tersebut kata bebasnya disesuaikan dengan kata bilangan dan kasus. Sedangkan jenis kelamin tidak disesuaikan sebab jenis kelamin di sini berpadanan.
Penyesuaian kata benda dengan kata benda ikatannya lebih sempit dari pada penyesuaian kata sifat dengan kata benda, contohnya: город Харковь—красивый; Бритва «Харковь»—отличная. Kata Харковь pada contoh diatas menjadi kata terikat serta mengalami penyesuaian.
Согласование (penyesuaian) terbagi menjadi 2 jenis, yakni Полное согласование (penyesuaian penuh), dan Неполное согласование (penyesuaian tidak penuh).
Полное согласование (penyesuaian penuah) merupakan jenis penyesuaian dalam rangkaian kata yang mana semua kemungkinan penyesuaian dalam rangkaian kata dapat terpenuhi. Artinya setiap kata terikat dalam rangkaian kata harus menyesuaikan diri sepenuhnya kepada kata pokok, baik dalam jenis kelamin, jumlah, dan kasus.
Неполное согласование (penyesuaian tidak penuh) merupakan jenis penyesuaian dalam rangkaian kata yang mana tidak semua kemungkinan penyesuaian dalam rangkaian kata tersebut dapat terpenuhi. Sehingga ada beberapa kata yang tidak terikat pada kata pokok.
Управление (Pengendalian)
Управление (pengendalian) adalah jenis ikatan yang mana kata terikatnya merupakan kata benda yang terkena kasus atau kata-kata lainnya dengan bentuk substantif dalam tingkat besar atau kecil yang mana menimbulkan makna leksiko-gramatika pada kata pokoknya. Pada pengendalian kata terikat dalam kasus tidak langsung berhubungan dengan akhiran kata pokok atau dengan akhiran yang bersamaan dengan kata depannya.
Pada kata pokok bisa ikatan dengan kata kerja, seperti : любить тишину; kata benda, seperti: молодость мира; kata sifat, seperti: верый слову; kata keterangan, seperti: жаль прошедшего; kata bilangan, seperti: второй с краю.
Perbedaan hubungan pada kata pokok dalam bentuk perubahan pengendalian, kata bebasnya tidak mempengaruhi bentuk perubahan kata terikatnya, seperti: сумрак леса, сумрака леса, сумраком леса, ini dikarena tidak berkaitan dengan jenis kelamin, jumlah, dan kasus. Управление (pengendalian) tebagi menjadi 2 jenis yakni: сильное (kuat) dan слабое (lemah).
Pada pengendalian kuat, kemunculan kata terikat mempunyai arti tersendiri yakni kata terikat dalam rangkaian kata tidak bisa dihilangkan, ini dikarenakan akan merusak kalimat yang mana merupakan satu kesatuan yang utuh, contohnya: любить естественность во всем (Oстровой). Pada pengendalian kuat,
Pada pengendalian lemah, kata terikat memiliki makna yang fakultatif (pilihan), sehingga jika ada bagian rangkaian kata dalam kalimat dihilangkan, maka tidak akan merusak makna dari kalimat itu sendiri, ini dikarenakan bukan satu kesatuan, contohnya: лежать без она; Я лежу без она (Вигдорова); ?? Я лежу.
Примыкание (Penggabungan)
Примыкание (Penggabungan) adalah jenis ikatan yang mana tergantung pada kata terkat, tidak memiliki akhiran dan berikatan dengan kata pokok melalui makna dan kata ganti. Penggabungan kata keterangan, kata kerja berbentuk kata dasar atau berbentuk kata keterangan partisipal, kata sifat terikat dan kata sifat bentuk sederhana tingkat relatif. Penggabungan kata berkaitan dengan tidak hanya melalui makna tetapi juga melalui kata ganti. Perubahan letak kata dalam rangkaian kata bisa menyebabkan kerusakan dalam rangkaian kata. Ini disebabkan karena terjadi kehilangan ikatan rangkaian kata tersebut.
Diatara penggabungan kata, sering kita menemukan kata keterangan yang mana selalu berikatan dengan kata kerja,seperti: вернуьтся вечером; dengan kata benda seperti: поворот налево; dengan kata sifat seperti: очень прилежный; dengan kata keterangan seperti: весьма продуктивно; dengan kata kategori keadaan seperti: иногдa скучно; dan dengan kata bilangan urutan : третий снизу.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s