Rhida hanafie's Blog

ketulusan adalah kesempurnaan..

SINTAKSIS SEBAGAI PELAJARAN TENTANG RANGKAIAN KATA DAN KALIMAT 9 Februari 2010

Filed under: 1 — rhidahanafie @ 1:57 pm

Sintaksis sebagai pelajaran tentang rangkaian kata dan kalimat
Sintaksis adalah bagian dari tata bahasa (gramatikal) yang mempelajari rangkaian kata dan kalimat. Selain itu, sintaksis mempelajari tentang kesatuan kata dan bentuk kata pada rangkaian kata dan kalimat, struktur dan tipe kesatuan sintaksisnya, serta makna dan syarat penggunaannya pada bahasa. Dan juga, sintaksis mempelajari susunan hubungan kata, yang mana dari kesatuan kata utama menjadi kalimat. Rangkaian kata dan kalimat adalah kesatuan sintaksis yang berdiri sendiri, mereka dapat dibedakan melalui arti dan strukturnya, tetapi tidak dapat dilihat sebagai kesatuan yang otonom, bebas satu dari yang lainnya.
Pada sebuah susunan kalimat kita sering mengunakan rangkaian kata yang sudah jadi, tapi kita dapat mengubah bentuknya berdasarkan aturan-aturan dan karakteristik kalimat. Untuk menjelaskan makna dari berbagai anggota sekunder dapat didasarkan pada hubungan sintaksis antar komponen rangkaian kata, dan sebaliknya. Untuk menjelaskan makna dari beberapa rangkaian kata dapat ditentukan berdasarkan keseluruhan kalimat dimana kalimat itu berfungsi.
Contoh, посещение товарища( kunjungan teman) bisa berarti:
1. Tindakan dan kebendaan, yang mana menghasilkan tindakan, contohnya:
вчерашнее посещение товарища обрадосало меня (Kemarin kunjunagn teman menggembirakan saya).
2. Tindakan dan kebendaan, yang mana sebagai penyaluran, contohnya:
мое посещение товарища обрадовало его (Kunjungan teman saya menggembirakanya).
Oleh karena itu, penulisan rangkaian kata, perbedaan dari sintaksis tidak dapat dipecah dalam kata-kata yang dirangkai, struktur, hubungan sintaksis antar komponen rangkaian kata, yang mana harus sesuai dengan fungsi rangkaian kata dalam kalimat.
Rangkaian kata
1. Pemahaman tentang rangkaian kata. Hubungan sintaksis antara kata dengan rangkaian kata.
Rangkaian kata adalah tata bahasa (gramatika) yang menunjukkan adanya ikatan antar makna kata, yang mana memilki hubungan sintaksis yakni atributtif, objektif, dan keterangan. Ikatan antara komponen kata dengan rangkaian kata diduga dari kata pokok dan kata terikat. Contohnya:

горячее сердце, учиться музыке, гомов к бою, цена хлебу, далеко от друзей, грустно до слез
x x x x x x

очень музыкальный.
x
Keterangan : x adalah kata pokok.
Dari kata pokok tersebut, dapat kita letakkan pertanyaan untuk menentukan kata terikat, seperti: сердце (какое?) горячее, грустно (как? / на сколько) до слез, dan lain-lain. Makna rangkaian kata mengartikan hubungan sintaksis antar komponen-komponennya, hubungan kata terikat kepada kata pokok. Hubungan sintaksis dalam rangkaian kata memiliki tiga tipe hubungan dasar yakni hubungan atributif, hubungan objektif dan hubungan keterangan.
Hubungan atribut (атрибутивиные отношения) adalah hubungan yang mana kata pokonya menandakan kebendaan, sedangkan kata terikatnya mencirikan kebendaannya, seperti: kualitas, sifat, bentuk, ukuran, alat, materi, penetapannya dan lain-lain. Kata terikat muncul melaui bantuan pertanyaan seperti какой? чей? Каторы?. Ciri-ciri kata pokok paling sering dinyatakan dengan kata sifat: чуденый напиток круглое лицо, маленькая хитрость, , серебпяный колокольник, бабущкина пенся.
Untuk menyatakan hubungan atribut, kata terikat dapat berupa:
a) Существительное (kata benda): нора лисы, трубка телефона, доброта души, человек долга dan lain-lain.
b) Местоимение (kata ganti): весь рассказ, тот разговор, наши каникулы, такое мнение dan lain-lain.
c) Причастие (partisipal): оперирующий врач, скучающий зритель dan lain-lain.
d) Числительное (kata bilangan): двенадцатая квартира, пятисотый пассажир, dan lain-lain.
e) Наречие (kata keterangan): прогулка верхом, разговор наедине dan lain-lain.
Pada pernyataan hubungan atribut, hanya sedikit kata benda dasar yang tampil sebagai kata pokok. Seperti pada kata benda dasar dengan kata bantu pengandaian (modal) memilki makna kemungkinan, keinginan, kebutuhan. Contohnya: возможность отдохуть, необходимость молчать, стремление учиться, намерение разоблачить,
Pada hubungan atribut dengan rangkaian kata, yang menjadi kata pokok adalah jenis kata benda, seperti contoh di atas. Akan tetapi, jika kata dari kelas kata lain seperti substantif, maka kata substantif ini juga dapat berperan sebagai kata pokok.
Contohnya: его прошлое, любимая товарища, трудящиеся Украины, вкусное второе,
x x x x
наше завтра, громкое ура.
x x
Hubungan objektif (объеитные отношения) adalah hubungan sintaksis yang mempunyai rangkaian kata, dimana kata terikat menandakan kebendaan, yang mana memperlihatkan adanya suatu tindakan atau menujukan suatu tindakan kepada suatu hal yang ditunjukan. Adanya suatu tindakan inilah yang disebut kata pokok, sedangkan objek atau sesuatu yang dituju disebut kata terikat. Hubungan objek dengan kata terikat terlihat apabila kita meletakkan pertanyaan kasus tak langsung, seperti: Пробурить (что?) скважину, Составить (что?) план yang mana merupakan kata terikat yang menandakan objek, yang merupakan akibat dari suatu tindakan. Добиваться (чего?) успеха Привыкнуть (к чему?) к шуму merupakan kata terikat yang menunjukkan objek tak langsung yang mana suatu arah dari tindakan (ada kata kerja).
Jika kata pokok dinyatakan dengan kata sifat, kategori keadaan atau keterangan, maka kata terikatnya menandakan kebendaan. Contohnya:
покорный родителям, равнодушный к людям, рад встрече, жаль погибшего, вдогонку
x x x x x
ушедшим, наперерез всаднику.
x
Kata terikat yang menjadi hubungan objek tidak hanya dinyatakan dengan kata benda, tetapi juga dengan kelas kata lain yang juga mencirikan kebendaan, contohnya:
Волновать ее
x
Terkadang kata terikat yang menandakan objek juga dinyatakan dengan kata dasar, contohnya:
Рекомендосать полечиться
x
Makna objek bisa mempunyai komponen terikat, yang dinyatakan dengan rangkaian yang didalamnya mempunyai kualitas, contohnya:
Купить килограм хлеба
x
Hubungan keterangan (обстоктельствениые отношения) adalah rangkaian kata yang mana kata terikatnya menandai kualitas, penggambaran, cara tindakan, tingkatan atau ukuran, tempat, waktu, sebab, tujuan, syarat. Hubungan sintaksis yang menandakan keterangan dibedakan menjadi 8 jenis yakni:
1. Gambaran (Образа), bentuk kegiatan (kak?, kakаим образом? Каким способом?) contohnya:
бежать вприпыжку
x
2. Kualitas (Количествнные) untuk ukuran atau kegiatan (сколькo? Сколькo раз? Насколькo? В какой степени?) contohnya:
совсем больной
x
3. Ruangan (Пространственные) (где? куда? Откуда?) contohnya:
уехать за границу
x
4. Waktu (Временные) (когда? С каких Пор? До каких пор?) contohnya:
закончить к лему
x
5. Sebab (Причинные), почему? Отчего? Из-за чего? За что? По какой причиние?) contohnya:
плакать от обуды
x
6. Tujuan (Целевые), (зачем? Для чего? С какои целью? Для какой цели?)contohnya:
оделать назло
x
7. Syarat (Условные), (при каком условний? В каком случае?) contohnya:
запиться при зелании
x
Ada beberapa rangkaian kata yang terdapat gabungan dari dua makna seperti: Поездка за город yang memiliki pasangan загородная поездка, akan tetapi, kata tersebut tergantung pada rangkaian kata yang menunjukkan pada tempat, arah, waktu yang dapat menciptakan ruangan dan waktu yang berhubungan dengan kualitas yang menyertai kegiatannya yakni Поездка (куда?) за город. Juga terdapat pengecualian dalam hubungan sintaksis pada tipe rangkaian seperti: съесть собаку, белые мухи, до мозга костей dan lain-lain yang mana setiap satuan fraseologi memperlihatkan tujuan.

 

One Response to “SINTAKSIS SEBAGAI PELAJARAN TENTANG RANGKAIAN KATA DAN KALIMAT”

  1. nurrahman18 Says:

    wah banyak kata yg dibalik, aga bingung jadinya mbacanya🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s