Rhida hanafie's Blog

ketulusan adalah kesempurnaan..

Sergei Mikhailovich Eisenstein dalam Perkembangan Perfilman Rusia 8 Februari 2010

Filed under: 1 — rhidahanafie @ 10:28 am

A. Biografi
Sergei Eisenstein adalah salah satu sutradara besar perfilman di Rusia maupun di dunia. Selain sebagai sutradara, ia juga berprofesi sebagai penulis skenario, teoritik film, seniman grafis dan guru. Nama lengkapnya adalah Sergei Mikhailovich Eisenstein yang mana ia lahir di Riga (dahulu masih tergabung dalam Rusia), ibukota Latvia pada tanggal 23 Januari 1898. Sergei Eisenstein adalah keteurunan Yahudi yang berasal dari darah ayahnya. Ayahnya bernama Mikhail Osivkovich Eisenstein dan ibunya bernama Yulia Ivanovna. Sergei Eisenstein adalah anak tunggal. Ayahnya seorang arsitek yang bekerja diperusahaan pembuatan kapal. Ia meraih pendidikan sekolah lanjutannya di School of Fine Arts di kota kelahirannya Riga . Kemudia ia mengikuti orientasi ilmu Realschule yang membantunya dalam mempersiapkan dirinya masuk ke sekolah teknik. Ia sangat menyukai membaca buku-buku dalam bahasa Rusia, Jerman, Inggris dan Perancis, serta menggambar gambar kartun. Pada saat itu, ia juga penah mendirikan sebuah rombongan teater anak-anak.
Pada tahun 1905, ia pindah ke Petrograd yang mana sekarang telah berganti bernama menjadi St. Petersburg . Di St. Petersburg , ia melanjutkan sekolahnya di Institut of Civil Engineering. Selama belajar di Institut of Civil Engineering, ia mempelajari konsep renaissance dan mepelopori produksi teater dari Meyerhold dan Yevreinov. Sergei Eisenstein juga mempelajari pekerjaan Leonardo da Vinci dan mepelajari penafsiran Freud da Vinci.
Setelah Revolusi Februari 1917, Sergei Eisenstein menjual kartun politik pertamanya yang telah ditandatangani oleh Tn. Gay untuk beberapa majalah di St. Petersburg. Setelah Revolusi Februari 1917 dan disusulnya dengan Revolusi oktober 1917, Sergei Eisenstein banyak melihat pemberontakan selama Revolusi yang membuatnya meninggalkan kuliahnya di Institut of Civil Engineering dan menggerakan hatinya untuk ikut serta sebagai relawan Tentara Merah. Pada tahun 1918, ia telah bergabung sebagai relawn Tentara Merah yang bertujuan untuk membantu, mengatur dan membangun pertahanan serta sebagai langkah awal dalam kariernya dalam memproduksi hiburan bagi pasukan Tentara Merah.
Pada saat itu, ia sering melukis sehingga ia pernah mendapatkan kesempatan melukis di sebuah kereta. Dalam keikutsertaanya sebagai relawan Tentara Merah, ia pun tergabung dalam klub teater tentara yang melakukan pementasa secara berpindah-pindah. Di klub teater tentara itu, Sergei Eisenstein bertugas sebagai sutradara, penulis naskah serta sebagai aktor.
Pada tahun 1920, Sergei Eisenstein meninggalkan Tentara Merah dan
bekerja di General Staff Academy (akademi militer) di Moskow. Di General Staff Academy, ia juga mengambil studi ketimuran khususnya mempelajari bahasa Jepang. Disana
ia juga bergabung dengan Teater Pekerja Proletkult (Пролетарная культура) yang mana teater ini dibawah kekuasaan Bolshevik ( lembaga besar yang menaungi kesenian musik, tarian, sastra serta teater) sebagai asisten perancang kostum. Kemudian dengan cepat ia berhasil menjadi co-sutradara, dan meraih ketenaran melalui pementasan мексиканец yang ditulis dan diadaptasi oleh kisah Jack London.
Pada tahun 1921, Sergei Eisenstein bergabung dengan lembaga pendidikan teater “Meyerhold” yang eksperimental yang bekerja sama dengan beberapa perintis teater. Pada tahun 1923, Sergei Eisenstein memproduksi dan membuat film komik pendek yang berjudul дневник Глумова (buku harian Glumov). Setelah itu, ia memproduksi film стачка (pemogokan) pada tahun 1924. Dalam film ini, ia telah mengembangkan metode baru dalam membuat film yang dikenal dengan nama “Methods of Montage” (metode Montage). Metode Montage adalah pengembangan dari teori ”Meyerhold bio-mekanika” yang mana gambar-gambar dipilih secara sembarangan yang menyebabkan pemendekan rentang waktu dan adegan yang disajikan dalam urutan film yang dibuat secara tidak kronologis yang menghasilkan dampak psikologis maksimum bagi penonton.
Bagi Sergei Eisenstein, pembuatan film harus bertujuan membangun kesadaran penonton dari unsur-unsur yang akan membawa penonton ke ide-ide yang mebuat penonton lebih aktif, atraktif dan tersampainya pesan yang disampaikan melalui film. Sergei Eisenstein berteori bahwa bioskop adalah sintesis dari seni dan sains. Dalam film Стачкa (pemogokan), Sergei Eisenstein menceritakan represi (penindasan) pada saat pemogokan yang dilakukan oleh para prajurit Tsar. Eisenstein juga menambahkan foto-foto pekerja yang dibunuh dengan tembakan senapan. Efeknya sangat mencolok seperti keadaan asli pada masa Tsar.
Pada tahun 1925, dalam rangka memperingati Revolusi 1905 Sergei Eisenstein membuat film yang berjudul Броненосец Потемкин (Perang Potemkin) yang sangat suskses dalam karirnya. Dalam film ini, Sergei Eisenstein lebih menekankan konsep metode montage sehingga emosional penonton lebih digunakan dan lebih terasa serta berkembang dari pada film-film sebelumnya seperti Стачкa (pemogokan). Film Броненосец Потемкин (Perang Potemkin) menceritakan salah satu kisah yang pada saat Revolusi Rusia 1905 yang mana film ini dibuat di Laut Hitam di pelabuhan Odessa. Pengambilan gambar dalam film ini, dibuat seperti sesuatu yang nyata sehingga membuat penonton Броненосец Потемкин (Perang Potemkin) merasa berada pada masa Revolusi 1905. Hal ini membuat Sergei Eisenstein bangga atas kemampuannya dan mejulukinya sebagai “illusionis” dalam membuat film.
Setelah itu, pada tahun 1927 Sergei Eisenstein memprodusi sebuah film yang berjudul Октябрь (Oktober) yang bertepatan dengan peringatan 10 tahun Revolusi Oktober 1917. Para pejabat pemerintahan komunis telah mewaspadai dampak yang akan ditimbulkan dalam film karya Sergei Eisenstein kepada rakyat Rusia, sehingga Sergei Eisenstein dipaksa untuk keluar dari gaya montagenya, meskipun dengan jelas film Октябрь (Oktober) tetap memiliki pesan yang khas untuk rakyat Rusia.
Setelah beberapa karya kontroversial Sergei Eisenstein diproduksi seperti дневник Глумова (buku harian Glumov), Стачкa (pemogokan), Броненосец Потемкин (Perang Potemkin) hingga Октябрь (Oktober) yang mendapat kecaman dari pemerintah, pada tahun 1929, ia memproduksi sebuah film yang berjudul Генеральная линия (jalur umum) yang menceritakan keuntungan dari pekerjaan kolektif di desa. Akan tetapi, dikarenakan terjadinya perubahan pada cerita yang nyata yang diadaptasi Sergei Eisenstein dalam film Генеральная линия (jalur umum) membuat pemerintahan (Stalin) memerintahkan Sergei Eisenstein untuk mengubah filmnya secara radikal. Ini disebabkan karena sikap partai politik terhadap kaum petani mengalami perubahan seperti terjadinya pemaksaan dan sebagainya.
Hal tersebut memaksa Sergei Eisenstein untuk melakukan perombakan dalam film Генеральная линия (jalur umum) yang berubah judul menjadi Старое и новое (lama dan baru).Film Старое и новое (lama dan baru) adalah film terakhir yang menggunakan film tidak bersuara atau dikenal dengan nama film bisu.
Pada awal tahun 1930, Sergei Eisenstein pergi ke Eropa dan Amerika Serikat bersama asistennya Eduard Tisse dan Grigori Alexandrov untuk melakukan riset terhadap perkembangan perfilman dunia yakni fenomena film bersuara. Sergei Eisenstein pertama kali mengunjungi Eropa Barat dan kemudian pergi ke Amerika Serikat. Selama melakukan riset diluar negri, ia berteman dengan Albert Einstein, Abel Gance, Charlie Chaplin, Walt Disney, dan DW Griffith.
Pada bulan Mei 1930, Sergei Eisenstein telah berada di Amerika Serikat dan mengajar dibeberapa sekolah Ivy League. Kemudian Sergei Eisenstein melanjutkan perjalanannya ke Hollywood dimana kemudian ia bekerja untuk membuat film di Paramount. Sebelum ia meninggalkan Amerika Serikat, Sergei Eisenstein mendapat dorongan oleh Robert Flaherty dan Diego Rivera untuk membuat film tentang Meksiko. Dan pada bulan Desember tahun 1930, ia telah merilis ”Que Viva Mexico” dengan bantuan keuangan penulis Upton Sinclair. Setelah menyelesaikan pokok fotografi ”Que Viva Mexico”, Sergei Eisenstein mengirimkan rekaman ”Que Viva Mexico” ke Rusia. Akan tetapi rekamannya dicekal oleh pejabat pemerintah.
Pada tahun 1932, Sergei Eisenstein telah menyelesaiakan studinya di State School for Stage Direction di moskow sebagai sarjana perfilman. Pada tahun 1935, ia mulai mengerjakan film ”Lug Bezhin” , akan tetapi film tersebut mendapat kecaman dari pejabat partai in i dikarenakan terdapat komentar terhadap partai politik. Hal tersebut mengakibatkan penghentikan produksi ”Lug Bezhin”.

B. Karya Sergei Eisenstein
Dibawah ini adalah beberapa filmografi Sergei Eisenstein yang dikutip dari buku James Goodwin yang berjudul “Eisenstein, Cinema, and History” tahun 1993 diterbitkan oleh University of Illinois Press, Urbana dan Chicago, halaman 237-241, sebagai berikut:
1. Judul : Стачкa (pemogokan)
Dirilis : Pada tanggal 28 April 1925.
Diproduksi : Goskino dan Moskow Proletkult.
Sutradara : Sergei Eisenstein.
Naskah : Grigori Alexandrov, Sergei Eisenstein, Ilya Kravchunovsky,
Valeri Pletnyov.
Sinematografi : Eduard Tisse.
Asisten kamera : Vasili Khvavtov, Vladimir Popov.
Petunjuk seni : Vasali Rakhals.
Asisten sutradara : Grigori Alexandrov, Ilya Kravchunovsky, Alesander Levshin .
Pemain :
• Aktivis : Ivan Klyukvin
• Anggota komite pemogokan : Alexander Antonov
• Mandor pabrik : Grigori Alexandrov
• Pekerja : Mikhail Gomorov
• Polisi pengintai : Maxim Strauch
• Kepsls polisi : I. Ivanov
• Raja Pencuri : Boris Yurtsev
• Ratu Pencuri : Judith Glizer
2. Judul : Броненосец Потемкин (Perang Potemkin)
Dirilis : Pada tanggal 26 Januari 1926.
Diproduksi : Goskino.
Sutradara : Sergei Eisenstein.
Naskah : Nina Agadzhanova Shutko dan Sergei Eisenstein.
Sinematografi : Eduard Tisse.
Asisten kamera : Vladimir Popov.
Petunjuk seni : Vasali Rakhals
Asisten sutradara: Grigori Alexandrov, Alexander Antonov, Mikhail Gomorov,
Alexander Levshin, Maxim Strauch.
Pemain :
• Vakulinchuk : Alexander Antonov
• Chief Officer Gilyarovsky : Grigori Alexandrov
• Bintara : Alexander Levshin
• Kapten Golikov : Vladimir Barsky
• Pelaut : Mikhail Gomorov
• Pelaut : I. Bobrov
• Perempuan dengan kereta bayi : Beatrice Vitoldi
• Perempuan dengan kacamata : N. Poltavtseva
• Warga Odessa : Julia Eisenstein
3. Judul : Октябрь (Oktober)
Dirilis : Pada tanggal 14 Maret 1928.
Diproduksi : Sovkino.
Sutradara : Sergei Eisenstein.
Naskah : Grigori Alexandrov dan Sergei Eisenstein.
Sinematografi : Eduard Tisse.
Asisten kamera : Vladimir Nilsen dan Vladimir Popov.
Petunjuk seni : Vasali Kovrigin.
Musik : Edmund Miesel.
Asisten sutradara: Mikhail Gomorov, Maxim Strauch, Ilya Trauberg.
Pemain :
• Lenin : Vasili Nikandrov
• Kerensky : Nikolai Popov
• Menteri : Boris Livanov
• Menteri : Lyaschenko
• Prajurit Jerman : Eduard Tisse
4. Judul : Старое и новое (Old and New)
Dirilis : Pada tanggal 7 Oktober 1929.
Diproduksi : Sovkino.
Sutradara : Sergei Eisenstein.
Naskah : Grigori Alexandrov dan Sergei Eisenstein.
Sinematografi : Eduard Tisse.
Asisten kamera : Vladimir Popov.
Petunjuk seni : Andrei Burov, Vasili Kovrigin, Vasili Rakhals.
Asisten sutradara: Mikhail Gomorov, Maxim Strauch.
Pemain :
• Marfa : Marfa Lapkina
• Putra Marfa : M. Ivanin
• Sekretaris koperasi : Vasili Buzenkov
• Petani : Mikhail Gomorov
• Pengemudi traktor : Kostya Vasiliev
• Pendeta : G. Matvei
• Kulak : Chukhmarev
5. Judul : Александр Невский (Alesander Nevsky)
Dirilis : Pada tanggal 1 Desember 1938.
Diproduksi : Mosfilm.
Sutradara : Sergei Eisenstein.
Naskah : Pyotr Pavlenko dan Sergei Eisenstein.
Sinematografi : Eduard Tisse.
Asisten kamera : A. Astafiev, N. Bolshakov , S. Uralov.
Petunjuk seni : Konstantin Eliseyev, Iosif Shpinel, Nikolai Soloviev.
Musik : Sergei Prokofiev.
Asisten sutradara: Boris Ivanov, Nikolai Maslov, Dmitri Vasiliev.
Pemain :
• Pangeran Alesander Nevsky : Nikolai Cherkasov
• Vasili Buslai : Nikolai Okhlopkov
• Gavrilo Oleksich : Andrei Abrikosov
• Ignat : Dmitri Orlov
• Ibu Buslai : Varvara Massalitinova
• Olga : Vera Ivasheva
• Vasilisa : Anna Danilova
• Gubernur Pskov : Vasili Novikov
• Domash Tverdislavich : Nikolai Arsky
• Von Balk : Vladimir Yershov
• Tverdilo : Sergei Blinnikov
• Ananias : Ivan Lagutin
• Uskup : Lev Fenin
• Biksu jubah hitam : Naum Rogozhin
6. Judul : Иван Грозный (Ivan the Terrible)
Dirilis : – Bagian 1 pada tanggal 16 Januari 1945
– Bagian 2 pada tanggal 1 September1958
Diproduksi : – Bagian 1 oleh Alma-Ata Studio
– Bagian 2 oleh Mosfilm
Sutradara : Sergei Eisenstein.
Naskah : Sergei Eisenstein.
Sinematografi : Eduard Tisse, Andrei Moskvin.
Asisten kamera : V. Dombrovsky, F. Soluyanov.
Petunjuk seni : Iosif Shpinel, Leonida Naumova.
Musik : Sergei Prokofiev.
Asisten sutradara: Boris Sveshnikov, Lev Indenbom, Vera Kuznetsova, I. Bir, B.
Pemain :
• Tsar Ivan IV : Nikolai Cherkasov
• Tsarina Anastasia : Ludmila Tselikovskaya
• Malyuta Skuratov : Mikhail Zharov
• Alexei Basmanov : Ambrosi Buchma
• Fyodor Basmonov : Mikhail Kuznetsov
• Euphrosyne Staritsky : Serafima Birman
• Vladimir Staritsky : Andrei Kurbsky
• Boyar Fyodor Kolychev : Andrei Abrikosov
• Pimen metropolitan : Alexander Mgebrov
• Peter Volynets : Vladimir Balachov
• Duta Livonia : S. Timoshenko
• Nikola : Vsevolod Pudovkin
• Raja Sigismund : Pavel Massalsky

Daftar pustaka
1. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1972). Ensiklopedi Nasional Indonesia . Jakarta : PT. Delta Pamungkas.
2. Fahrurodji, A. (2005). Rusia Menuju Demokrasi: Pengantar Sejarah dan Latar Belakang Budayanya: pengantar: Rachmat Witoelar. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia .
3. Gillespie, David C. (2003). Russian Cinema. London : Pearson Educational Education Limited.
4. Rentschler, Eric. (1986). German Film and Literature: Adaptations and Transformation. London : Methuen & Co.Ltd.
5. Рябцев, Ю. С. (2004). История Русской Культуры ХХ Век. Москве: Гумнитарный Издательский Центр Владос.
6. Goodwin, James. Eisenstein, Ecstasy, Joyce, and Hebraism. Critical Inquiry, Vol. 26, No. 3 (Spring, 2000), pp. 529-557: The University of Chicago Press. http://www.jstor.org ,
7. Barbarow, George. The Contradictions of S. Eisenstein.The Hudson Review, Vol. 6, No. 1 (Spring, 1953), pp. 156-160: The Hudson Review, Inc.
8. Seton, Marie. Second Thoughts on Eisenstein. Soviet Studies, Vol. 6, No. 2 (Oct., 1954), pp. 113-123: Taylor & Francis, Ltd.
9. http://www.carleton.edu/curricular/MEDA/classes/media110/Severson/eisenste.html.
10. http://www.russianarchives.com/gallery/old/eisen.html.
11. http://www.filmreference.com/Directors-Du-Fr/Eisenstein-Sergei.html.
12. http://archive.sensesofcinema.com/contents/directors/04/eisenstein.html.
13. http://www.imdb.com/name/nm0001178/bio.
14. http://pubs.socialistreviewindex.org.uk/isj79/chen.htm.
http://www.fandango.com/sergeieisenstein/biographies/p88777

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s