Rhida hanafie's Blog

ketulusan adalah kesempurnaan..

kebudayaan 8 Februari 2010

Filed under: 1 — rhidahanafie @ 9:51 am

A. Pengertian Kebudayaan
Ada beberapa macam pengertian kebudayan menurut beberapa para ahli yakni :
1. Menurut B. Tylor dalam buku ilmu budaya dasar karya Dr. M. Munandar Soelaeman tahun 2005, edisi keempat cetakan kesembilan halaman 21 – 22, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
2. Menurut koentjaraningrat (1980) dalam buku ilmu budaya dasar karya Dr. M. Munandar Soelaeman tahun 2005, edisi keempat cetakan kesembilan halaman 21 – 22, kata “kebudayaan” berasal dari kata sansekerta budhayah, yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti “ budi” atau “ akal”. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan “hal-hal yang bersangkutan dengan akal”. Sedangkan kata “budaya”merupakan perkembangan majemuk dari “budi daya” yang berarti “daya dari budi” sehingga dibedakan antara “budaya” yang berarti “daya dari budi” yang berupa cipta, karsa dan rasa, dengan kebudayaan yang berarti hasil dari cipta, karsa dan rasa.
3. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
4. Menurut Dr. K. Kupper, kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.
5. Menurut William H. Haviland, kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di tarima oleh semua masyarakat.
6. Menurut Bounded et.al, kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.
B. Pengertian Kesenian
1. Menurut M.Junus Melalatoa, dalam buku Antropologi Indonesia halaman 1 tahun 1999, konsep seni adalah yang dipahami sebagai eksprsi hasrat manusia yang tidak lepas dari keindahan( koentjoroningrat 1982). Pandangan lain menyatakan, seni tidak mesti terkait dengan keindahan. Ada pula yang menyatakan bahwa kesenian merupakan penggunaan imajinasi secara kreatif untuk menerangkan, memahami, dan menikmati hidup (Haviland,1993:224). Bagian-bagian seni, yaitu seni musik, seni sastra. Jadi, kesenian atau seni merupakan ruang wacana bagi tempat bersemayamnya pikiran dan rasa, sehingga terjelma konfigurasi budaya.
2. Menurut Ki Hajar Dewantara, seni merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.
3. Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi, seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetik yang dinyatakan dalam bentuk agung yang mempunya daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
4. Menurut Drs. Sudarmadji, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.
5. Menurut Enslikopedia Indonesia, seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarkannya.
6. Menurut Schopenhauer (Bertolak dari seni musik), seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurutnya tiap orang tentu senang dengan seni musik meskipun seni musik asalah seni yang paling abstrak.
7. Menurut Eric Ariyanto, seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

C. Cabang-cabang Seni
1. Seni musik atau seni Suara
Seni musik atau seni suara adalah karya seni yang sampaikan melalui media suara.
2. Seni tari atau seni gerak
Gerak yang dimaksud adalah gerak yang ritmis dan indah. Irama, gerak, pembawaan, serta penghayatan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Seni Atari sendiri merupakan suatu perwujudan segala tekanan emosi yang dituangkan dalam bentuk gerak seluruh anggota tubuh secara teratur dan berirama sesuai dengan musik pengiringnya.
3. Seni drama
Seni drama mempunyai persamaan dengan seni tari, yakni mempunyai unsure gerak. Gerak pada seni drama merupakan gerak makna atau gerak acting. Salah satu jenis drama, yaitu pantomime, merupakan gerak dari ucapan dalam serangkaian seni drama.
4. Seni Rupa
Seni rupa merupakan seni yang ada wujudnya, artinya karya seni tersebut dapat sicerap dengan menggunakan indra penglihatan. Lengkapnya Seni rupa adalah segala manifestasi batin dan pengalaman sestetis dengan media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap-terang. Contohnya, yaitu lukisan, Puisi, Cerpen, Patung, dll.
D. Lirik Lagu Rakyat Rusia
Очи чёрные
Очи чёрные, очи страстные,
Очи жгучие и прекрасные,
Как люблю я вас, как боюсь я вас,
Знать увидел вас я не в добрый час.
Очи чёрные, очи пламенны
И мaнят они в страны дальные,
Где царит любовь, где царит покой,
Где страданья нет, где вражды запрет.
Очи чёрные, очи жгучие,
Очи страстные и прекрасные,
Как люблю я вас, как боюсь я вас,
Знать увидел вас я не в добрый час.
Не встречал бы вас, не страдал бы так,
Я бы прожил жизнь улыбаючись,
Вы сгубили меня очи чёрные
Унесли на век моё счастье.
Очи чёрные, очи жгучие,
Очи страстные и прекрасные,
Как люблю я вас, как боюсь я вас,
Знать увидел вас я не в добрый час.

E. Lirik Lagu Rakyat Panon Hideung

Panon hideung
Panon hideung
Pipi koneng
Irung mancung
Putri Bandung
Putri saha
Di mana bumina
Abbi reseup
Kaanjeunna
Siang wengi
Kaimpi-impi
Hate Abdi
Sara redih
Teuemut dahar
Teuemut nginum
Emut kanu geulis
Panon Hideung

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s