Rhida hanafie's Blog

ketulusan adalah kesempurnaan..

Biografi Alexander Nikolayevich Scriabin 8 Februari 2010

Filed under: 1 — rhidahanafie @ 9:55 am

Alexander Nikolayevich Scriabin adalah seorang komposer dan pianis Rusia yang menemukan nuansa pertama keyboard dan notasi yang berdasarkan skala nuansa Synesthetic. Alexander Nikolayevich Scriabin lahir pada tanggal 6 Januari 1872, (kalender lama tanggal 25 Desember 1871, Natal Ortodoks Rusia), di Moskow, Rusia. Ayahnya, bernama Nikolai Scriabin adalah seorang bangsawan kaya, seorang pengacara, dan diplomat yang tinggal di kedutaan Rusia di luar negeri. Ibunya bernama Izrailtyanin Petrovna adalah seorang pianis profesional, dia meninggal ketika Scriabin berumur satu tahun. Alexander Nikolayevich Scriabin muda dibesarkan oleh bibinya, dan memainkan musik pertamanya pada dengan piano ibunya.
Guru piano pertamanya adalah Nikolai Zverev yang juga mengajar Sergei Rachmaninov pada saat yang sama. Dari tahun 1882-1889 Alexander Nikolayevich Scriabin belajar ilmu pengetahuan dan bahasa di Sekolah Kadet Moskow. Dari tahun 1888-1892 Scriabin belajar piano dan komposisi dengan Sergei Taneyev di Konservatorium Moskow dan lulus pada tahun 1892 sebagai komposer dan pianis.
Kemudian ia menjadi profesor di konservatori yang sama, pada tahun 1896 Alexander Nikolayevich Scriabin menikah dengan seorang pianis terkenal Rusia yaitu Vera Isakovich yang merupakan pemenang Gold Medal untuk pertunjukan musik piano Scriabin. Pada tahun 1900 Alexander Nikolayevich Scriabin bergabung dengan Masyarakat Filsafat Moskow dan mempelajari berbagai ilmu pemikiran dalam mengejar ide-ide inspirasional.
Pada tahun 1904-1910 Alexander Nikolayevich Scriabin tinggal di Eropa Barat dan di Amerika Serikat. Pada waktu itu Scriabin menjadi mahasiswa kontemporer filsafat dan sastra. Alexander Nikolayevich Scriabin menyukai bacaan seperti Oriental filsafat dan Metafisika, Astrologi dan Kedokteran, dan Optik. Ia bergabung dengan lingkaran Belgia Jean simbolis dan okultis Delwille di Brussel. Alexander Nikolayevich Scriabin juga memasuki komunitas Helene Blavatsky yang terakhir di London, mengamati dan mempelajari Theosophy bahkan mengunjungi kamar tempat Theosophy meninggal. Alexander Nikolayevich Scriabin mencari inspirasi tidak hanya terbatas pada Mistisisme, Astrologi dan tulisan-tulisan Esoterik. Pada tahun 1907-1910 Scriabin tinggal di Paris dengan istri keduanya Tatiana Schletser. Di sana ia terlibat dalam lingkaran Sergei Diaghilev dan memberikan komposisinya untuk konser musik Rusia. Dia juga memberi pertunjukan piano dengan Symphony Orchestra Rusia yang disutradarai oleh KM Altshuller.
Alexander Nikolayevich Scriabin komponis pertama di dunia yang menulis notasi musik untuk cahaya dan warna, sehingga membuat warna terjalin dengan suara dalam harmoni lintas indra. Dalam puisi simfoni ‘Prometheus: the Poem of Fire’ (1909) ia menulis notasi untuk Luxe, yang dirancang khusus dengan proyektor cahaya warna-warni lampu yang dikendalikan olehnya. Multi-colored keyboard pertama kali dibangun di Rusia oleh fisikawan Alexander Moser pada tahun 1910 untuk pertunjukan Prometheus. Pertunjukan di Moskow dan di New York adalah yang pertama kalinya orkestra konser dengan iringan warna yang diproyeksikan pada layar khusus. Scriabin juga bereksperimen dengan gaya musik impresionisme dan ekspresionisme. komposisi dan melodi yang harmonis terwujud dalam karya-karya pianonya dan terutama dalam komposisi orkestra. Pertunjukan Prometheus adalah awal Scriabin dalam menemukan nada baru yang harmonik. Teorinya tentang Sintesis seni membuat efek yang besar pada film dan inovasi dalam teater, terutama bagi Vsevolod Meyerhold di Seni Teater Moskow.
Tahun 1915 Alexander Nikolayevich Scriabin mengembangkan bentuk hiburan baru yang akan mempersatukan semua umat manusia melalui musik, seni, cahaya, gerakan dan interaksi antara penampil dan publik. Dalam hal ini Scriabin mulai konsep baru yaitu komposisi lintas-genre yang termasuk musik, sastra, tari, arsitektur, lansekap alam dan cahaya. Ia merenungkan tujuh komposisi lama berjudul Misterium yang mana ia menulis beberapa fragmen di halaman tujuh sebelum kematiannya. Dia menggambarkan konsep komposisi sebagai sintetis agama dari semua seni yang akan melahirkan Dunia Baru. Scriabin merencanakan pekerjaan yang harus dilakukan dikaki pegunungan Himalaya yang memasukkan matahari terbit dan matahari terbenam ke dalam ukuran-ukuran nilai musik yang belum selesai. Bagian dari komposisi yang belum selesai dilakukan di bawah judul Pendahuluan Aksi oleh Vladimir Ashkenazy di Berlin dengan Aleksei Lyubimov di depan piano.
Scriabin adalah pengagum dan teman penyair Valery Briusov, Alexander Nikolayevich Scriabin dan Valery Briusov biasanya melakukan diskusi lintas-disiplin sehingga memunculkan ide-ide baru. Diskusi mereka berkisar, Simbolisme dalam Seni dan kemudian mengarah pada gagasan Scriabin dalam Masa Depan Seni atau Synthesis of Arts yang mengacu pada istilah “Gezamtkunstwerk” yang pada awalnya diciptakan oleh Richard Wagner. Musik dan warisan budaya bangsa-bangsa lain merupakan salah satu sumber inspirasi penting bagi Scriabin, yang juga dikenal sebagai pemain piano yang diakui musik oleh Frederic Chopin, Franz Liszt dan Ludwig Van Beethoven.
Dari awal komposisi piano ke skala besar simfoni, musik Scriabin dibumbui dengan harmonik adalah inovasi, perubahan yang tidak biasa dan mengejutkan penemuan nada. Pikiran kreatif Scriabin mengundang pendengar untuk mempersiapkan perjalanan intelektual di luar keadaan tanpa nada dihitung dari Arnold Schonberg atau bahkan kosmopolitanisme canggih dari Igor Stravinsky. Jalur cirri khas Scriabin, nada suara multi-pembangunan tak tertandingi dalam kebebasan imajinasi musik. Komposisi yang indah dari Piano Concerto dalam F-Sharp Minor (1896) dan Poem of Ecstasy (1906) adalah yang paling sering ditampilkan dalam orkestranya.
Alexander Scriabin berada di puncak kreativitasnya dan bekerja pada proyek terobosan inovatif yaitu proyek Misteria. Alexander Nikolayevich Scriabin meninggal karena septicemia, yaitu terjadi komplikasi dari suatu peradangan pada bibir atasnya pada umur 43 tahun, pada 27 April 1915, di Moskow. Ia dimakamkan di Gereja St. Nikolai Na Peskah, dekat rumahnya di Moskow, Rusia. Sejak tahun 1922, rumahnya di Moskow telah dibuka untuk umum sebagai museum Nasional dan Warisan Budaya Memorial.
Sejak tahun 1910 komposisi perdana Prometheus Scriabin skala besar simfoni telah berhasil dilakukan dengan cahaya dan warna pendampingan di tempat konser di seluruh dunia. Di antara pertunjukan besar Scriabin antara lain Prometheus dengan lampu premier London dengan konduktor Sir Henry Wood (Inggris, tahun 1914), Carnegie Hall premier (USA, tahun 1915), pertunjukan Teater Bolshoi (Rusia, tahun 1918), pertunjukan New Haven (USA, tahun 1971), dan Kasan Konservatorium show (Tatarstan, tahun 1996) di mana musiknya berkaitan dengan komposisi warna-warni Wassily Kandinsky. Ide-ide Scriabin sekarang teraplikasi dalam proyek-proyek tersebut sebagai “Animusic” dan lainnya visualisasi 3D dan MIDI musik berbasis aplikasi. IMDb Mini Biografi Oleh: Steve Shelokhonov.Musiknya, khususnya “Prometheus akord” sering digunakan dalam film fiksi ilmiah dan di film-film yang dibuat di Rusia dan di bekas Uni Soviet.
B. KARYA ALEXANDER NIKOLAYEVICH SCRIABIN
Piano Sonatas
• Sonata-Fantaisie in G sharp minor
• Sonata No. 1 in F minor, Op. 6
• Sonata No. 2 in G sharp minor, Op. 19 (juga dikenal sebagai Sonata-Fantasy)
• Sonata No. 3 in F sharp minor, Op. 23
• Sonata No. 4 in F sharp major, Op. 30
• Sonata No. 5, Op. 53
• Sonata No. 6, Op. 62
• Sonata No. 7 “White Mass Sonata”, Op. 64
• Sonata No. 8, Op. 66
• Sonata No. 9 “Black Mass Sonata”, Op. 68
• Sonata No. 10, Op. 70
Karya lain Piano
Beberapa karya-karya utama Scriabin untuk piano antara lain:
• Fantasie in B minor, Op.28
• Vers la flamme, Op.72
Scriabin menulis sejumlah besar potongan-potongan pendek, termasuk Prelude, etudes, dan puisi. Terutama populer potong pendek meliputi:
• Etude in D sharp minor, Op. 8, No. 12
• Etude in C sharp minor, Op. 2, No. 1
Karya Orkestra
• Piano Concerto in F sharp minor, Op. 20
• Reverie, Op. 24
• Symphony No. 1 in E major, Op. 26
• Symphony No. 2 in C minor, Op. 29
• Symphony No. 3 “The Divine Poem” in C minor, Op. 43
• “Poem of Ecstasy” (Symphony No. 4), Op. 54
• Prometheus: Poem of Fire, Op. 60
• Mysterium (belum selesai)
Katalog karya
Hampir semua karya-karya Scriabin memiliki nomor opus. Karyanya dapat dibagi menjadi tiga periode, berdasarkan peningkatan keadaan tanpa nada: awal : Opus 1-29; tengah : Opus 30-53; dan terakhir : Opus 54-74.
Karya tanpa opus
• Canon in D minor (1883)
• Nocturne in A-flat major (1884)
• Mazurka (1884)
• Mazurka (1886)
• Valse in D-flat Major (1886)
• Valse in G-sharp minor (1886)
• Sonata-Fantasy (1886)
• Egorova (Egoroff) variations (1887)
• Fantasy for two pianos in A minor (1889)
• Mazurka in F major (1889)
• Mazurka in B minor (1889)
• Feuillet d’Album de Monighetti in A-flat major (1889)
• Sonata in E-flat minor (1889)
• Romance for horn (1890)
• Fugue in E Minor (1892)
• Romance for voice (1894)
• Symphonic Poem in D minor (1896)
• Feuillet d’Album in F-sharp major (1905)
Awal (Opus 1-29)
• Opus 1: Waltz in F minor (1886)
• Opus 2: Tres Morceaux (1889)
• Opus 3: Ten Mazurkas (1889)
• Opus 4: Allegro Appasionato (E flat minor) (1892)
• Opus 5: Two Nocturnes (1890)
• Opus 6: Sonata No. 1 in F minor (1892)
• Opus 7: Two Impromptus à la Mazur (1892)
• Opus 8: Twelve Etudes (1894)
• Opus 9: Prelude and Nocturne for the Left Hand (1894)
• Opus 10: Two Impromptus (1894)
• Opus 11: 24 Preludes (1896)
• Opus 12: Two Impromptus (1895)
• Opus 13: Six Preludes (1895)
• Opus 14: Two Impromptus (1895)
• Opus 15: Five Preludes (1896)
• Opus 16: Five Preludes (1895)
• Opus 17: Seven Preludes (1896)
• Opus 18: Allegro de concert (Concert Allegro) dalam B flat minor (1896)
• Opus 19: Sonata No. 2 in G sharp minor (juga sebagai Sonata-Fantasy) (1897)
• Opus 20: Piano Concerto in F sharp minor (1896)
• Opus 21: Polonaise in B flat minor (1897)
• Opus 22: Four Preludes (1897)
• Opus 23: Sonata No. 3 in F sharp minor (1898)
• Opus 24: Reverie for orchestra (1898)
• Opus 25: Nine Mazurkas (1899)
• Opus 26: Symphony No. 1 in E Major (1900)
• Opus 27: Two Preludes (1901)
• Opus 28: Fantaisie in B minor (1900)
• Opus 29: Symphony No. 2 in C Minor (1902)
Tengah (Opus 30-58)
• Opus 30: Sonata No. 4 in F sharp major (1903)
• Opus 31: Four Preludes
• Opus 32: Two Poemes
• Opus 33: Four Preludes
• Opus 34: Poeme Tragique
• Opus 35: Three Preludes
• Opus 36: Poeme Satanique
• Opus 37: Four Preludes
• Opus 38: Waltz in A flat major
• Opus 39: Four Preludes
• Opus 40: Two Mazurkas
• Opus 41: Poeme
• Opus 42: Eight Etudes
• Opus 43: Symphony No. 3 “Le Divin Poeme” (The Divine Poem)
• Opus 44: Two Poemes
• Opus 45: Trois Morceaux
• Opus 46: Scherzo
• Opus 47: Quasi Waltz in F major
• Opus 48: Four Preludes
• Opus 49: Trois Morceaux
• Opus 50 was not used by Scriabin
• Opus 51: Quatre Morceaux (1906)
• Opus 52: Trois Morceaux
• Opus 53: Sonata No. 5
• Opus 54 Le Poeme de l’extase (The Poem of Ecstasy)
• Opus 55 tidak digunakan oleh Scriabin
• Opus 56 Quatre Morceaux
• Opus 57 Deux Morceaux
• Opus 58 Album Leaf
Akhir (Opus 59-74)
• Opus 59 Deux Morceaux
• Opus 60 Prometheus: Le Poeme de feu (The Poem of Fire)
• Opus 61 Poème-Nocturne
• Opus 62 Sonata No. 6
• Opus 63 Two Poèmes
• Opus 64 Sonata No. 7
• Opus 65 Three Etudes
• Opus 66 Sonata No. 8
• Opus 67 Two Preludes
• Opus 68 Sonata No. 9
• Opus 69 Two Poèmes
• Opus 70 Sonata No. 10
• Opus 71 Two Poèmes
• Opus 72 Vers la flamme (Towards the flame) (Puisi)
• Opus 73 Deux Danses
• Opus 74 Five Preludes

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s